Sabtu, 26 November 2016

Penerapan Sistem Informasi PT Macanan Jaya Cemerlang




PEMBAHASAN

1.                  Penerapan Sistem Informasi PT Macanan Jaya Cemerlang
PT. Macanan Jaya cemerlang merupakan sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak lama di Klaten utara, Jawa tengah.PT Macanan Jaya Cemerlang aktif dalam usaha penerbitan dan percetakan.Diantara hasil hasil cetakannya yang paling banyak adalah Al-Quran.
Semua perusahaan pasti menerapkan sistem dan informasi dalam proses pengerjaanya. PT Macanan Jaya Cemerlang menghasilkan cetakan-cetakan yang merupakan sumber informasi. Selain itu, perusahaan ini juga menggunakan teknologi-teknologi yang modern dalam proses terbitannya.
Ada berbagai macam alat alat produksi di perusahaan ini, pada alat cetak terdapat sebuah kumpulan komponen-komponen yang saling terikat dan terhubung. Proses perpindahan tinta pada kertas lalu kertas disusun dan dipotong menjadi kumpulan kumpulan kertas, hingga melewati proses perfect binding, ini adalah salah satu komponen yang saling terhubung membentuk sistem. Dan hasilnya adalah berupa sebuah buku.
System adalah sebuah kumpulan komponen-komponen yang saling terhubung sehingga menjadi satu kesatuan yaitu sebuah sistem.Dalam hal ini PT Macanan Jaya Cemerlang merupakan salah satu sebuah komponen yang terdapat dalam sebuah sistem.
PT. Macanan Jaya Cemerlang menghasilkan sebuah cetakan buku, lalu buku ini akan dikirim kepada pihak penerbit, kemudian penerbit akan memasarakannya ke toko buku, sehingga datanglah para konsumen yaitu masyarakat atau khalayak umum. Ini adalah sebuah sistem dari bagaimana proses pembuatan suatu buku hingga sampai kepada khalayak luas.
Dari sebuah buku yang sudah melalu tahap-tahap dalam sistem tersebutlah yang nantinya meghasilkan sebuah informasi pada khalayak luas.
Di dalam PT. Macanan Jaya Cemerlang pasti ada yang namanya computer.Computer merupakan contoh sederhana dalam penerapan sistem informasi. Pada dasarnya sistem informasi haruslah ada yang namanya tahap input, proces dan, output. Pada sebuah computer ada bagian bagian yang disebut sebagai sebuah komponen-komponen didalam sebuah computer.
Mouse dan keyboard adalah komponen dalam computer yang berperan dalam proses input. Dalam sebuah informasi haruslah jelas apa yang akan disampaikan kepada target atau sasaran informasi tersebut. Didalam proses input juga adalah komponen yang dikendalikan oleh sang operator yaitu manusia itu sendiri. Proses ini tidak bias dilakukan jika tidak adanya operator.
CPU adalah komponen dalam computer yang berperan proces pengumpulan data data yang ada didalam computer.CPU bekerja tanpa adanya operator yang mengendalikan proses tersebut. Tahap pemrosessan ini adalah fase pengolahan serta pengeditan data data sebelum informasi ini dicetak.
Printer dan monitoradalah komponen dalam computer yang berperan output  sebuah informasi. Yaitu mencetak sebuah informasi yang telah melewati tahapan input, process, hingga sampai ke fase output. Kumpulan data data yang sudah dimasukkan didalam computer lalu diproses didalamnya hingga menjadi sebuah informasi yang siap untuk disebar luaskan.
Computer adalah bagian kecil dari sebuah alat sistem informasi yang ada di PT. Macanan jaya cemerlang.Tetntu saja setiap perusahaan pasti memiliki computer.Tetapi computer mempunyai peran besar dalam industri penerbitan dan percetakan. Didalam penerbitan computer merupakan sarana untuk melakukan proses pengeditan suatu naskah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar